CPNS 2014 tidak lagi menggunakan SKCK, Surat Keterangan Sehat dan Kartu Kuning sebagai syarat

Peluang CPNS 2014 kembali dibuka. Kali ini formasi yang kosong lebih banyak dibutuhkan pada sektor pendidikan dan kesehatan. Apa perbedaan pendaftaran CPNS tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya? Jika tahun-tahun sebelumnya para pendaftar ribet dengan berbagai syarat administrasi, tahun ini pemerintah mengurangi sejumlah persyaratan.

Bebepara persyaratan administrasi yang dihilangkan di antaranya adalah tidak perlu mengumpulkan SKCK, Kartu Kuning, dan Surat Keterangan Sehat. Kebijakan tentang penghapusan bebeberapa syarat administratiff tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman.

SKCK yang selama ini diterbitkan oleh Intelkam Polres tidak akan diperlukan lagi saat pendaftaran, hal ini untuk menjawab keluhan masyarakat yang sering kali harus ke sana kemari untuk meminta rekomendasi polsek di daerahnya. Meskipun biayanya cukup murah, yakni Rp 10 ribu/ orang namun banyaknya pelamar CPNS setiap tahunnya membuat Polri mendapatkan pemasukan yang cukup besar. Dengan adanya kebijakan ini maka pos keuangan Polri akan berkurang.
Baca juga

    Info CPNS 2014 : Inilah Kisi-kisi Soal CPNS 2014 Sistem CAT
    Info CPNS 2014 : Pendaftaran CPNS Hanya Dilakukan di Situs Resmi Panselnas
    Ujian CAT CPNS 2014 Akan Digelar Di 486 Titik
    Siap-siap Jelang Pembukaan CPNS 2014, Ini Prosedur Pendaftarannya
    Info CPNS 2014 : Pendaftaran CPNS Hanya Memerlukan Nomor Induk Kependudukan

Kemudian untuk Kartu Kuning, persyaratan administrasi tersebut diterbitkan oleh dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten setempat. Kasus yang terjadi tahun-tahun sebelumnya adalah maraknya pungutan liar, padahal menurut aturan seharusnya penerbitannya gratis atau tidak ada penarikan retribusi. Dan yang terakhir adalah Surat Keterangan Sehat yang diterbitkan oleh dokter pemerintah. Pungli juga tak jarang dilakukan pada saat pengurusan ini.

Dengan kebijakan baru ini diharapkan para pendaftar CPNS tidak mengeluhkan lagi adanya masalah berkaitan dengan persyaratan administrasi yang harus dipenuhi. Rencananya tes CPNS 2014 digelar antara Juni-Juli. Kuota yang disiapkan mencapai 100 ribu kursi. Sebanyak 5 ribu diantaranya dibuka untuk pelamar lintas disiplin ilmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel