MMM Beriklan di TV Nasional "Hati-Hati"

Mavrodi Mondial Moneybox atau yang biasa kita kenal MMM kini gencar mulai beriklan di TV nasional. Walau iklannya tidak turin ditayangkan tapi kita bisa melihatnya pada malam hari di TV one atau Global TV. Menurut kabar MMM adalah Investasi yang di Indonesia disebut dengan Manusia Membantu Manusia rajin membuat iklan mulai dari koran hingga televisi. Pertengahan tahun 2014, MMM Indonesia kolaps setelah para anggotanya kaya mendadak. Dananya banyak yang nyangkut. Kini mencoba bangkit dengan membuat jargon MMM Indonesia Bangkit.

Skema keuntungan yang ditawarkan pun sama, yaitu 30 persen tiap bulannya. Keuntungan sakti ini didapat tanpa harus melakukan apa-apa. Partisipan tinggal menyetor sejumlah uang. Bulan depan dijamin ada dana tambahan 30% dari yang disetor. Syaratnya satu, tiap bulan harus ada anggota baru. Begitu tidak ada lagi pemain baru yang menyetor uang (provide help/PH), berarti tidak ada lagi pemain lama yang mendapat bantuan uang (get help/GH). Begitu tidak ada yang menyetor lagi, maka permainan usai dan uang setoran takkan kembali. Jika sudah begitu, penemu sistem menyesatkan ini, ‘sang nabi MMM’ Sergey Mavrodi, tinggal bilang sistem mau diulang (restart). Uang pun hilang.

Jadi perlu diperhatikan bahwa Anggota Dewan Komisioner Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono menjelaskan MMM tidak punya izin dari OJK untuk menghimpun dan mengelola dana masyarakat. Artinya aktivitas MMM ilegal. Meski begitu, MMM gencar memasang iklan di media online, dalam negeri, koran hingga televisi. Investasi macam ini juga memasang iklan lewat Google Adsense. Jika diklik, akan masuk ke MMM Indonesia, lengkap dengan cara pendaftaran. “OJK telah dan akan terus mengingatkan masyarakat melalui berbagai media untuk berinvestasi secara baik dan tidak tergiur janji keuntungan/imbal hasil investasi yang besar dari MMM,” katanya, Rabu.

Selain itu, MMM Indonesia juga membuat sebuah iklan yang diklaim ditayangkan di televisi. Iklan video ini diposting di situs berbagi video YouTube. Ada beberapa iklan video yang diposting dengan durasi mulai dari 30 detik hingga 90 detik. Salah satu iklan video berisi testimoni salah seorang pemain MMM yang mengaku sukses menjadi partisipan money game ini. Wanita yang akrab disapa Tituk itu mengatakan, Tim Satgas Waspada Investasi juga terus memantau dan merespons situasi terkini MMM. Saat kolaps 2014 lalu, para manajer yang biasa mengurus para pemain MMM itu pun mulai lenyap satu persatu seperti ditelan bumi. Ada yang susah dihubungi sampai pindah tempat tinggal

Skema MMM ini didefinisikan tergolong sebagai skema piramida. Skema piramida akan terus berjalan selama ada orang menyetor uang. Ketika tidak ada setoran baru, maka permainan selesai dan kerugian ditanggung sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel