Contoh Soal dan Kisi Uji Kompetensi Guru Terbaru 2015

Di bulan november ini seluruh guru di indonesia baik honorer, swasta maupun PNS akan melaksakan yang namanya Ujian Kompetensi Guru (UKG). Tentunya masing-masing guru tk, PAUD, SD, SMP, SMK dan SMA harus mempersiapkan dirinya dengan pelatihan agar mendapat nilai yang maksimal dengan cara berlatih contoh soal uji kompetensi ataupun kisi-kisi soal yang akan diujikan nanti.
UKG Uji kompetensi guru
Berikut ini contoh soal "PEDAGOGIK" buat LATIHAN UKG serta jawabannya
   
Butir Soal dan Kunci Jawaban

1. Pak Ali ingin melihat keseriusan siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara mendiskusikan suatu topik kasus kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan diskusi tersebut membuat Riri semangat karena dilingkungannya banyak orang miskin, dan yang dia lihat ada balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang menerapkan prinsip belajar …
A.  perhatian
B.  motivasi
C.  aktivitas
D.  perbedaan individual
Jawab : A.  Benar, karena perhatian dapat memusatkan pikiran dan perasaan

2. Berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut ….
A.  metode mengajar
B.  strategi pembelajaran
C.  teknik pembelajaran
D.  pendekatan pembelajaran
Jawab : A.  Benar, karena sesuai dengan definisinya

3. Proses internal yg digunakan seseorang untk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir sebagai suatu proses kontrol pada komponen tujuan pembelajaran menurut Gagne, Briggs, dan Wagner termasuk dalam kemampuan …
A.  keterampilan intelektual    B.  strategi kognitif   C.  informasi verbal   D.  sikap
Jawab : B.  Benar, karena sangat mempengaruhi keterampilan intelektual seseorang

4. Strategi pembelajaran yang didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk strategi pembelajaran ….
A.  ekspositori    B.  deduktif    C.  heuristic   D.  induktif
Jawab : C.  Benar, karena siswa yang aktif mencari dan mengolah bahan pelajaran
5 Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah lingkungan keluarga, yaitu ….
A.  teman di rumah
B.  pembantu yang suka mengajarkan siswa
C.  perhatian orang tua terhadap belajar siswa
D.  paman yang kadang-kadang bisa mengajarkan siswa
Jawab : C.  Benar, karena perhatian orang tua sangat memperngaruhi keberhasilan anak

6.  Seorang anak dipandang memiliki kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ....
A.  mampu mempersepsi dunia ruang visual secara akurat
B.  mampu merespons suasana hati
C.  mampu memotivasi orang lain
D.  mampu mengimajinasikan impian dan gagasan diri sendiri
Jawab : D.  Benar, karena impian dan gagasan diri sendiri merupakan salah satu bentuk kecerdasan intrapribadi

7.  Pembelajaran konkret yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa lebih sesuai diberikan pada siswa kelas …
A.  5   B.  6    C.  3   D.  4
Jawab : C.  Benar, karena kelas 3 memang cocok untuk pembelajaran konkret

8.  Penerapan membelajarkan konsep dan generalisasi pada pembelajaran kelas tinggi dapat dilaksanakan secara …
A.  logis dan sistematik
B.  konkret dan interaktif
C.  produktif dan inisiatif
D.  formal dan informal
Jawab : A.  Benar, karena esensi proses pembelajaran kelas tinggi adalah suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematik untuk membelajarkan konsep dan generalisasi

9.  Pengalaman merupakan proses belajar yang paling baik ketika siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip belajar …
A.  kolaboratif   B.  kuantum   C.  kooperatif   D.  tematik
Jawab : B.  Benar, karena merupakan salah satu prinsip utama dari prinsip-prinsip kuantum

10. Strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi merupakan salah satu rumpun model pemerosesan informasi ....
A.  sinetik    B.  mnemonic    C.  berpikir induktif   D.  inkuiri ilmiah
Jawab : B.  Benar, karena siswa dapat dengan mudah menyerap informasi

11. Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
A.  menimbulkan motivasi siswa   B.  membuat kaitan   C.  melaksanakan tes awal
D.  memberi acuan
Jawab : D.  Benar, karena merupakan salah satu kegiatan dari memberi acuan

12. Dalam pembelajaran individual hendaknya guru harus memperhatikan prinsip ....
A.  sistematis   B.  kerjasama   C.  belajar tuntas  D.  perhatian
Jawab : C.  Benar, karena dapat membantu proses pembelajaran yang mengarah pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu

13. Yang harus dilakukan guru dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah …
A.  memberikan tugas dan latihan-latihan
B.  meninjau kembali penguasaan siswa
C.  memberikan motivasi
D.  memberikan bimbingan belajar
Jawab : B.  Benar, karena meninjau kembali penguasaan siswa merupakan salah satu kegiatan akhir pembelajaran

14. Pada karakteristik bahan pelajaran/materi pelajaran, substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh merupakan termasuk dalam aspek …
A.  konsep    B.  fakta    C.  nilai   D.  prinsip
Jawab : D.  Benar, karena aspek prinsip merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh

15. Kemampuan dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan metode ....
A.  diskusi    B.  demonstrasi    C.  simulasi    D.  eksperimen
Jawab : C.  Benar, karena siswa mampu berkomunikasi dan berperan

16. Pada mata pelajaran IPA, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk membawa lampu senter, baterai, kabel, cutter, isolasi untuk membuat penerangan ruangan melalui percobaan serta mengamati secara proses. Contoh di atas mengisyaratkan bahwa Pak Ali sedang memberi pengalaman kepada siswanya dengan memakai metode …
A.  demonstrasi    B.  eksperimen   C.  diskusi   D.  simulasi
Jawab : B.  Benar, karena metode eksperimen adalah materi yang disajikan atau dibahas melalui percobaan serta diamati secara proses

17. Salah satu fungsi media pembelajaran adalah ….
A.  sebagai alat hiburan
B.  peralatan dan pesan yang disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh
C.  membuat konkret konsep-konsep yang abstrak
D.  meningkatkan kualitas proses belajar mengajar
Jawab : D.  Benar, karena merupakan salah satu fungsi media pembelajaran

18. Salah satu faktor dalam memilih media pembelajaran yang tepat adalah objektivitas, maksudnya pemilihan media…
A.  jangan didasari oleh kesenangan pribadi semata
B.  sudah memenuhi syarat-syarat teknis
C.  disesuaikan dengan rencana pembelajaran
D.  melihat situasi dan kondisi tempat dan ruangan belajar
Jawab : A.  Benar, karena faktor objektivitas harus terhindar dari pemilihan media yang didasari oleh kesenangan pribadi
19. Dalam mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang tepat sebagai sumber belajar adalah ....
A.  TMII     B.  Karang Taruna    C.  Museum    D.  Kantor Gubernur
Jawab : A.  Benar, karena TMII merupakan lingkungan sosial yang berkenaan dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat

20. Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih mudah dan sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan bertanya dasar merupakan komponen …
A.  pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat
B.  pemberian tuntunan
C.  penyebaran
D.  pemberian acuan
Jawab : B.  Benar, karena pertanyaan yang tidak dapat dijawab siswa guru tidak boleh tinggal diam, guru harus memberi tuntunan yang memungkinkan siswa mampu membri jawaban yang diharapkan

21. Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
A.  pengubahan tuntutan kognitif dalam menjawab pertanyaan
B.  pengaturan urutan pertanyaan
C.  penggunaan pertanyaan pelacak
D.  peningkatan terjadinya interaksi
Jawab : D.  Benar, karena merupakan salah satu cara dalam peningkatan terjadinya interaksi

22. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan memberikan penguatan terdiri dari, kecuali ….
A.  meningkatkan perhatian siswa
B.  memudahkan siswa belajar
C.  menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa
D.  mendorong munculnya perilaku yang negatif
Jawab : D.  Salah, karena tujuan memberi penguatan mendorong munculnya perilaku yg positif

23. Pak Ali memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswanya bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan tepat sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan non verbal dengan cara …
A.  mimik dan gerakan badan
B.  gerak mendekati
C.  sentuhan
D.  kegiatan yang menyenangkan
Jawab : A.  Benar, karena mengacungkan jempol menandakan kepuasan guru sebagai penguatan dengan cara gerakan badan

24. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
A.  melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam
B.  meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
C.  memelihara iklim kelas yang kondusif
D.  menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar
Jawab : C.  Salah, karena merupakan salah satu tujuan memberi penguatan

25. Pak Ali mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam bentuk …
A.  variasi suara
B.  pemusatan perhatian
C.  kesenyapan
D.  mengadakan kontak pandang
Jawab : C.  Benar, karena variasi dari keadaan ada suara ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi pengaruh kepada siswa

26. Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ....
A.  meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berfikir yang lebih sistematis
B.  membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses pembelajaran
C.  mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar
D.  memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan guru
Jawab : A.  Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menjelaskan

27. Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali memberikan rumus tentang menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang memberikan keterampilan merencanakan penjelasan dalam bentuk …
A.  menganalisis karakteristik penerima pesan
B.  merencanakan isi pesan
C.  pemberian tekanan
D.  penggunaan contoh dan ilustrasi
Jawab : B.  Benar, karena merupakan salah satu merencanakan isi pesan dalam hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau generalisasi

28. Tujuan keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran adalah ....
A.  menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
B.  mengetahui nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
C.  mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
D.  mengetahui keberhasilan guru dalam memberikan evaluasi
Jawab : C.  Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup pelajaran

29. Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu mengajar berupa model “Rangka tubuh manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
A.  menimbulkan motivasi
B.  menarik perhatian
C.  memberi acuan
D.  membuat kaitan
Jawab : B.  Benar, karena menggunakan alat bantu mengajar merupakan salah satu cara menarik perhataian pada komponen membuka pelajaran

30. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan cerita tentang “Udi Berusaha Jujur”. Pada akhir cerita Ibu Ani memberi tugas untuk membuat ringkasan dari cerita tersebut. Ringkasan cerita tersebut merupakan penerapan komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
A.  menilai        B.  memberi tindak lanjut     C.  meninjau kembali  
D.  membuat kaitan
Jawab : C.  Benar, karena dalam meninjau kembali ada dua cara, yaitu; merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan pada keterampilan menutup pelajaran

31. Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup pelajaran harus relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
A.  berurutan
B.  berkesinambungan
C.  keterkaitan
D.  bermakna
Jawab : D.  Benar, karena sesuai dengan definisi prinsip bermakna

32. Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan pandangannya tentang terjadinya banjir. Dengan bijaksana lalu Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen ....
A.  memperjelas masalah
B.  menganalisis pandangan
C.  menyebarkan kesempatan berpartisipasi
D.  menguraikan pendapat
Jawab : C.  Benar, karena merupakan salah satu cara menyebarkan kesempatan berpartisipasi

33. Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk melakukan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah ....
A.  menunjukkan sikap tanggap
B.  membagi perhatian
C.  memberi penguatan
D.  memberikan petunjuk yang jelas
Jawab : A.  Benar,  karena sikap tanggap guru dapat ditunjukkan dengan cara memandang secara seksama

34. Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan guru agar efektif adalah ....
A.  menekankan hal-hal yang positif
B.  tindakan dan kata-kata guru dapat menggugah siswa untuk belajar
C.  penggunaan variasi dalam mengajar
D.  mengulangi penjelasan yang tidak perlu
Jawab : D.  Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh guru

35. Sebelum memberi tugas Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan tugas yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa pada awal dimulainya tugas tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang belajar secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam hal ....
A.  mengadakan pendekatan secara pribadi
B.  membimbing dan memudahkan belajar
C.  mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
D.  merencanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran
Jawab : B.  Benar, karena mengembangkan supervisi proses awal merupakan salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan memudahkan belajar

36.  Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ....
A.  guru dapat mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
B.  guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
C.  kegiatan remedial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik siswa
D.  memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
Jawab : B.  Benar, karena sesuai dengan definisi fungsi akselerasi

37. Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar tentang terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ....
A.  tutorial
B.  sumber yang relevan
C.  kegiatan kelompok
D.  mengajarkan kembali
Jawab : A.  Benar, karena tutorial merupakan kegiatan guru meminta bantuan kepada siswa yang pandai

38. Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya adalah mengembangkan ....
A.  media pembelajaran
B.  latihan
C.  sumber pembelajaran
D.  tutor sebaya
Jawab : D.  Benar, karena tutor sebaya membantu siswa lain memahami materi pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa

39.  Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, menurut Arikunto faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa adalah ....
A.  kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
B.  kegiatan yang disukai siswa hanya di belakang meja
C.  kegiatan yang sifatnya penjelasan
D.  kegiatan yang menuntut waktu lama
Jawab : A.  Benar, karena kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa daripada kegiatan di dalam kelas
40. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas V untuk meringkas cerita tentang terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali memeriksa ringkasan Budi, hasilnya sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi. Ketika memeriksa ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam memberi tugas kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada pendekatan ....
A.  iklim sosio-ekonomi
B.  iklim sosio-emosional
C.  proses kelompok
D.  modifikasi tingkah laku
Jawab :
D.  Benar, karena contoh kegiatan tersebut membantu siswa mempelajari tingkah laku yang diharapkan melalui penerapan prinsip- prinsip yang berasal dari teori penguatan

41. Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang lain mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan masalah ....
A.  pengelolaan kelas
B.  pengelolaan pembelajaran
C.  mengembangkan latihan
D.  mengembangkan media
Jawab : B.  Benar, karena dalam pengelolaan pembelajaran ketidaktahuan menjadi masalah

42. Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata bangku setengah lingkaran agar seluruh peserta diskusi dapat saling memandang, dan semua penjelasan Pak Ali sebelum diskusi dimulai dapat didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas tersebut sesuai dengan prinsip ....
A.  visibility
B.  accessibility
C.  flexibility
D.  comfortableness
Jawab : C.  Benar, karena flexibility artinya barang-barang yang ada di dalam kelas mudah ditata dan dipindah-pindahkan

43. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan masalah terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada saat memanas Ani merasa lebih pintar lalu mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi lalu mengambil alih keadaan tersebut dengan memberikan kesempatan yang lain untuk memberi masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan pengaruh psiko-sosial antarsiswa di kelas dalam hal ....
A.  norma
B.  kebersamaan
C.  persahabatan
D.  kepemimpinan
Jawab : D.  Benar,karena pengambilalihan yg dilakukan Adi merupakan tugas seorang pemimpin

44. Pada penerimaan siswa baru di SD Darma Karya, salah satu yang harus diperhatikan adalah mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat yang banyak, lalu para orang tua mengantri dengan sabar pengambilan formulir tersebut. Contoh proses penerimaan siswa baru tersebut menunjukkan suatu ....
A.  disiplin
B.  kesabaran
C.  kebudayaan
D.  kebiasaan
Jawab : A.  Benar, karena disiplin merupakan suatu aturan dan ketaatan

45. Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di belakang berbicara berdua hingga mengganggu proses pembelajaran. Untuk menangani kejadian tersebut lalu Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melakukan strategi penanganan disiplin kelas dalam hal ....
A.  menangani gangguan ringan
B.  menangani prilaku agresif
C.  menangani gangguan berat
D.  menangani gangguan sedang
Jawab : B.  Benar, karena termasuk dalamperilaku agresif


46. Budi sebagai ketua kelas diberikan tugas oleh gurunya untuk membuat aturan kelas. Salah satunya adalah siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai membuat cerita sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman disiplin kelas dalam hal ....
A.  aturan secara fleksibel
B.  meningkatkan partisipasi siswa
C.  menyesuaikan aturan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
D.  melibatkan guru
Jawab : B.  Benar, karena siswa langsung dilibatkan untuk menanamkan disiplin kelas

47. Arah dari suatu program pembelajaran berupa standar kompetensi, hal tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal ....
A.  tujuan
B.  materi
C.  strategi
D.  penilaian
Jawab : A.  Benar, karena merupakan komponen tujuan

48. Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ....
A.  bersifat fleksibel
B.  berdasarkan kondisi siswa
C.  memenuhi kebenaran ilmiah
D.  berdasarkan kurikulum yang berlaku
Jawab : C.  Benar, karena merupakan salah satu prinsip silabus

49. Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang lalu dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif adalah ....
A.  menyiapkan materi baru
B.  menyediakan balikan
C.  melakukan review harian
D.  menyediakan koreksi
Jawab : C.  Benar, karena guru yg efektif memulai pembelajaran dengan mereviu materi yg lalu

50. Salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah yang efektif adalah ....
A.  belajar secara aktif
B.  kerjasama antardisiplin
C.  peranan pengajar
D.  belajar mandiri

Jawab : A.  Benar, karena belajar secara aktif merupakan salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah


Untuk Kisi - Kisi Uji kompetensi guru 2015 bisa didownload link dibawah ini :
  1. Materi Uji Kompetensi Guru TK
  2. Materi UKG Kelas Rendah
  3. Materi UKG Kelas SD – Kelas Tinggi
  4. Materi UKG Mata Pelajaran Penjaskes – SD
  5. Materi UKG Mata Pelajaran Penjaskes – SMP
  6. Materi UKG Mata Pelajaran PKn – SMP
  7. Materi UKG Mata Pelajaran IPA – SMP
  8. Materi UKG Mata Pelajaran Matematika – SMP
  9. Materi UKG Mata Pelajaran Bahasa Jawa – SMP
  10. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran IPS – SMP
  11. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi – SMP
  12. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Ekonomi – SMA
  13. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Penjaskes – SMA
  14. Materi Uji Kompetensi GuruMata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi – SMA
  15. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Kimia SMA
  16. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Seni Rupa SMA
  17. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Seni Musik SMA
  18. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi – SMA
  19. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Matematika – SMA
  20. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Budidaya Rumput Laut
  21. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Pembuatan Kain
  22. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan
  23. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Seni Budaya – Seni Musik
  24. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Desain Komunikasi Visual
  25. Materi Uji Kompetensi GuruMata Pelajaran Seni Karawitan
  26. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Seni Lukis
  27. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Perbaikan Body Otomotif
  28. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan
  29. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Geomatika – SMK
  30. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Budidaya Kekerangan
  31. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Instalasi Kapal Baja
  32. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Geologi Pertambangan
  33. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Agribisnis Ternak Unggas
  34. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Konstruksi Baja – SMK
  35. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Pemesinan
  36. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Pengelasan Kapal
  37. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sosiologi
  38. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknika Kapal Penangkap Ikan
  39. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi – Bid.Keahian Agritek
  40. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Interior Kapal 2015
  41. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Nautika Kapal Penangkap Ikan
  42. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah
  43. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor
  44. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Konstruksi Kayu – SMK
  45. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Pembangkit Tenaga Listrik – SMK
  46. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian
  47. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Minyak dan Gas – SMK
  48. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Furnitur – SMK
  49. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fisika IPA
  50. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Musik Klasik
  51. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fisika TIK
  52. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Seni Budaya. Seni Tari
  53. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Transmisi Telekomunikasi
  54. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran SLB Tuna Daksa
  55. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran SLB Autis
  56. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran SLB Tuna Netra
  57. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran SLB Tuna Grahita
  58. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran SLB Tuna Rungu
  59. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Sunda
  60. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknologi Penyempurnaan Tekstil
  61. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Elektronika Pesawat Udara
  62. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
  63. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bimbingan Konseling
  64. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Teknik Elektronika Industri
  65. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Konservasi Sumber Daya Hutan
  66. Materi Uji Kompetensi Guru Mata Pelajaran Penyuluhan Pertanian
  67. Materi Uji Kompetensi GuruMata Pelajaran Kimia Analisis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel