Kapan Mulai Puasa Bulan Suci Ramadhan Tahun 2015

awal puasa
Bulan suci ramadhan 1436 H jatuh pada bulan ini juni, namun haris pastinya kapan dimulai puasa ada banyak pendapat, ada yang bilang rabu tanggal 17 juni ada juga yg kamis tgl 18 juni. Semua itu tergantung nanti keputusan pemerintah dalam sidang isbat besok yang akan dilaksanakan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pihaknya siap menggelar sidang penetapan awal puasa pada Selasa sore. Pihaknya mengundang sejumlah ulama, perwakilan organisasi kemasyarakatan Islam dan ahli ilmu falak/astronomi.

Isbat, kata dia, akan dimulai setelah waktu shalat Ashar dan istirahat sejenak bagi peserta untuk menunaikan shalat Maghrib. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan hasil melihat bulan/rukyat dari para petugas yang didelegasikan mengamati munculnya bulan baru.

"Kalau ada yang melihat hilal, maka besoknya (Rabu) kita masuk bulan Ramadhan. Tapi kalau besok sore (Selasa) mereka tidak melihat hilal, maka sya'ban digenapkan menjadi 30 hari sehingga awal Ramadhan baru lusa (Kamis).
Menurut informasi sidang isbat kali ini akan dilakasanakan tertutup Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Machasin mengatakan, Kementerian Agama sudah melakukan penyebaran undangan kepada semua pihak terkait penetapan awal puasa, seperti ormas Islam dan ahli astronomi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel